Tips Bikin Baterai iPhone Lebih Hemat, Mulai dari Atur Widget hingga Fitur Haptic Keyboard

Tips Bikin Baterai iPhone Lebih Hemat, Mulai dari Atur Widget hingga Fitur Haptic Keyboard

Iphone dikenal sebagai smartphone yang unggul dari segi performa dan kameranya, namun punya kelemahan dalam segi masa pakai bateray. Dikutip dariĀ Gizchina, Senin, 15 Juli 2024, ternyata iPhone mempunyai dua trik khusus untuk membuat baterainya lebih hemat dari biasanya.

Masa pakai baterai iPhone sangat diperlukan untuk mempermudah aktivitas penggunaan. Jika iPhone mati di momen-momen darurat maka pengguna akan dirugikan walaupun smartphone ini mempunyai segudang fitur unggulan.

Metode pertama untuk menghemat baterai iPhone dimulai dengan menonaktifkan fitur widget di perangkat. Fitur ini cenderung menguras masa pakai baterai walaupun iPhone tidak digunakan. Widget pada layar kunci memungkinkan untuk terjadinya pembaruan dan lalu lintas jaringan yang sangat menguras baterai.

Tips Bikin Baterai iPhone Lebih Hemat, Mulai dari Atur Widget hingga Fitur Haptic Keyboard

Alasan lain dari widget dapat menguras baterai dipicu oleh sumber daya CPU dan jaringan internet yang terus melakukan prosesnya memperbarui data. Tindakan ini berimbas pada konsumsi baterai yang terus dikuras secara real-time dan membuatnya cepat habis walaupun iPhone tidak dipakai.

Cara untuk menghapus widget dapat diakses dengan mengganti tema layar kunci tanpa penampilan widget. Dengan meminimalkan widget pada layar kunci dan layar beranda membuat iPhone secara signifikan mengurangi aktivitas layar belakang dan menghemat baterai pengguna.

Metode kedua dapat dilakukan dengan mematikan umpan balik keyboard haptic. Ini sejenis fitur keyboard bawaan di sistem operasi iOS dan tidak harus diaktifkan. Umpan balik keyboard haptic sebenarnya juga tidak memengaruhi aktivitas penggunaan iPhone dan jika pun dinonaktifkan tak akan membawa pengaruh apapun terhadap kelancaran perangkat.

Umpan balik keyboard haptic membuat taptic engine di iPhone selalu aktif setiap saat ketika menekan tombol. Gerakan mekanis di fitur ini dapat menguras daya baterai dan membuatnya lebih boros. Selain itu, efek kumulatif yang ditimbulkan dari fitur ini menyebabkan baterai terkuras secara signifikan saat mengakses papan ketik.

Untuk menonaktifkannya, pengguna bisa mengakses pengaturan di iPhone dan pilih navigasi suara. Ketika sampai di menu ini, pilih matikan haptic di laman umpan balik papan ketik. Jika fitur ini sudah dinonaktifkan, maka getaran konstans yang terjadi saat mengetik pesan dan sejenisnya tidak akan lagi dirasakan dan baterai cenderung lebih hemat dari biasanya.

Tips tambahan lainnya untuk mengurangi kendala baterai cepat habis di iPhone bisa dengan membatasi aplikasi latar belakang yang selalu aktif. Serta mengurangi kecerahan layar saat pemakaian di dalam ruangan dan menonaktifkan layanan lokasi maupun email push.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *