Jokowi: Banyak Sektor yang Kini Sudah Beralih ke AI

Jokowi: Banyak Sektor yang Kini Sudah Beralih ke AI

Jokowi: Banyak Sektor yang Kini Sudah Beralih ke AI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara mengenai pentingnya transformasi digital di bidang ekonomi dan keuangan. Termasuk penggunaan Artificial Intelligence (AI) seperti yang dilakukan Elon Musk yang menggelar peragaan busana atau catwalk dengan wajah tokoh dunia.

Hal ini diungkapkan Jokowi saat membuka Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI) dan Karya Kreatif Indonesia (KKI) di JCC Senayan, Jakarta, Senin (1/8/2024).

“Banyak sektor yang kini sudah beralih ke AI mulai dari administrasi, jasa, entertainment. Bahkan kalau kita lihat Elon Musk bahwa sudah membuat AI Cat Walk,” katanya.

Jokowi mengatakan dalam peragaan busana itu Elon Musk menggunakan wajah tokoh dunia, seperti wajahnya sendiri, Presiden AS ke-45 Donald Trump, Presiden Korea Utara Kim Jong Un, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Nancy Pelosi, CEO Apple Tim Cook, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Politisi AS Hillary Clinton, CEO Facebook Mark Zuckerberg, dan Presiden AS ke-44 Barack Obama.

Menurut Jokowi, ini akan menjadi potensi bisnis ke depan, karena busana atau produk di transformasi ke bentuk digital, kemudian dipasarkan digital lewat AI catwalk. Lalu lewat masuk etalase dan nanti bisa langsung dibeli secara digital dan menggunakan pembayaran digital.

Sehingga ia berharap agar pelaku usaha UMKM bisa memberikan kesempatan dengan cara berjualan seperti ini.

“Bayangkan produk UMKM kita bisa seperti ini karena jumlah UMKM kita sangat besar ada 64 juta. Tentu digital UMKM ini akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi digital dan pembayaran kita. Sehingga saya titip transformasi digital harus inklusif, harus berkeadilan,” katanya.

“Masyarakat pinggiran, masyarakat ekonomi lapisan bawah, ekonomi mikro, UMKM semuanya harus mendapatkan akses dan kesempatan yang sama, harus dapat perlindungan yang sama,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *