Terkuak, Ini Pentingnya Inovasi

Terkuak, Ini Pentingnya Inovasi

Transformasi digital di bidang keuangan tidak bisa ditawar lagi. Selain demi meningkatkan daya saing bisnis, inovasi digital juga bisa menjadi game changer dalam hal memberikan layanan ke nasabah.

Direktur Informasi dan Teknologi dari Credit Bureau Indonesia (CBI), Ivan Irawan mengatakan, pemanfaatan teknologi digital bagi perusahaan lembaga keuangan konkretnya bisa memberikan solusi kredit yang lebih cepat dan lebih tepat sasaran kepada pelanggan.

“Transformasi digital kunci untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. Dengan menggunakan teknologi canggih, analisis data dan machine learning, kita dapat memberikan layanan yang lebih personal dan akurat, sesuai dengan kebutuhan individu dan profil risiko masing-masing, juga lebih tepat sasaran,” ujar Ivan, Senin (2/9/2024).

BACA JUGA : 7 Penyakit Burung Kenari dan Obat untuk Mengatasinya

Bagi perusahaan keuangan, digitalisasi bisa mengurangi waktu pemrosesan dan meningkatkan efisiensi, yang pada akhirnya berdampak positif pada pengalaman pelanggan.

“Digitalisasi telah memungkinkan kita untuk memangkas waktu pemrosesan hingga setengahnya, sehingga pelanggan bisa mendapatkan keputusan kredit dengan lebih cepat. Ini adalah contoh nyata bagaimana teknologi dapat mengubah layanan dan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi pelanggan,” tambahnya.

Lebih lanjut, keberhasilan dalam transformasi digital membutuhkan fokus pada pengembangan kapabilitas digital, integrasi sistem, dan peningkatan kualitas data, termasuk di dalamnya penguatan data governance dan pelindungan data pribadi.

“Di CBI, kami telah berinvestasi dalam pengembangan kapabilitas digital, memastikan bahwa sistem kami terintegrasi dengan baik dan data yang kami gunakan berkualitas tinggi. Ini memungkinkan kami untuk memberikan layanan yang lebih baik dan lebih responsif terhadap kebutuhan pasar,” jelas Ivan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *